Rabu, 14 Desember 2011

http://id.wikipedia.org/wiki/Hutan_hujan

Tak disadari kalo banyak aktifitas kita yang bisa menjadi penyebab global warming. Global warming sediri adalah ancaman srius bagi kelangsungan makhluk hidup yang hidup di bumi. Proses naiknya suhu panas bumi yang tidak terkontrol karena cahaya matahari yang masuk ke bumi tidak bisa memantul kembali dan keluar, sehingga panas yang seharusnya keluar malah hanya berputar permukaan bumi kita ini. Sehingga akhir-akhir ini suhu diluar rumah sangat panas dan tidak wajar.
Banyak hal yang bisakita lakukan untuk selamatkan bumi kita dari ancaman ini. Tergantung kesadaran kita untuk mau ikut andil dalam hal ini atau tidak, saya akan memerikan ilmu untuk mengurangi bahkan menanggulangi glabal warming ini, sehingga kita semua bisa melakukannya untuk memelihara bumi kita ini.
1. Menghemat Air
Menghemat air dalam artian tidak harus itir-irit banget, yang saya maksut adalah gunakan air seperlunya dan jangan menghambur hamburkan air secara percuma.
2. Pelakukan Pembayaran secara Online
Dengan melakukan ini kita paling tidak bisa mengurangi emisi bahan bakar, kenapa bisa? karena kurir pengantar lewat pos pasti menggunakan kendaraan, sehingga jika kita bayar lewat online kurir tidak perlu lagi keluar dengan kendaraanya. Bahkan utuk mengirim sesuatu lewat pos pasti menggunakan kertas, jika online kertas bisa terhemat karena kertas dibuat dari kayu.
3. Kurangi Menggunakan Kendaraan Bermotor Saat Bepergian Dekat
Dengan mengurangi menggunakan kendaraan bermotor berati juga menggurangi polusi udara. Alternatif yang baik sadalah berjalan kaki saat ketempat yang dekat, selain jalan kaki bisa juga menggunakan sepeda. Selain mengurangi polusi kebiasaan ini juga menyehatkan badan kita, karena badan banyak bergerak.
4. Budayakan Hidup Bersih
Dengan kita memiliki perilaku hidup sehat dan bersih secara tidak langsung kita juga bisa menyelamatkan lingkungan. Dengan tidak membuang sampah sembarangan, kita jadi sadar akan bahaya yang lebih besar efeknya seperti banyaknya penyakit ditumpukan sampah, apalagi jika sampah dibuang ke sungai bisa menghalangi arus sungai dan akhirnya meluap dan banjir.
5. Memakai Timer di Alat Elektronic
Alat elektronik yang memiliki timer akan bisa di set agar mati dalam waktu yang kita inginkan. Contoh timer pada TV, akan off sendiri TV kita saat waktu yang kita set habis. Jadi meski kita tertidur kita tidak akan membuang sia-sia listrik yang kita pakai. Karena TV yang kita tonton akan mati dengan sendirinya saat kita tertidur, maka dari itu timer sangat membantu.
6. Kurangi Penggunaan Plastik
Botol plastik bekas saat kita membeli miniman ringan tanpa kita sadar kita buang begitu saja, hal itu bisa menjadi pencemaran lingkungan yang berbahaya. Karena plastik tidak mudah terurai oleh tanah dan itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Gunakan alat-alat berbahan plastik yang bisa didaur ulang.
7. Kurangi Menggunakan Tusuk Gigi
Meski tusuk gigi dari kayu bisa terurai tanah saat dibuang, namun apa kita sadar kalau untuk membuat tusuk gigi perlu menebang pohon. Itu yang menjadi penyebab alasan harus mengurangi penggunaan tusuk gigi. Bayangkan pohon yang menjadi penghasil oksigen ditebang begitu saja dijadikan tusuk gigi. Untuk menanamnya saja lama.
8. Mengkonsumsi Makanan Organik
Bisa dibilang yang satu ini lebih terfokus untuk menyehatkan kita, tp dibalik itu jika kita lihat makanan dan sayuran yang disemprot denganbahan kimia malah bisa jadi mencemari tanah. Serta makanan yang dihasilkan akan tidak sehat dan alami lagi.
9. Menservice Filter Kendaraan Bermotor
Hal ini budampak besar pada pengurangan polusi, meski sedikit yang tersaring oleh filter namun lebih baik dilakukan dari pada tidak. Jadi bagi pemilik mobil atau motor bawalah kendaraan anda kebengkel secara rutin agar bisa di cek saringannya(Filter).
10. Lakukan Penghijauan di Rumah
Meski kita hanya menanam anaman didepan rumah, namun sisi positifnya sangat besar. Jadi bagi yang memiliki lahan yang luas cobalah untuk menanaminya dengan tanaman yang produktif. Selain sebagai tambahan penghasilan, secara tidak langsung kita melakukan penghijauan sebagai penyuplai oksigen dibumi.
kesepuluh tadi sedikit yang bisa kita lakukan, sehingga kita bisa membantu menyelamatkan bumi kita ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Incoming search terms for the article:

selamatkan bumi kita, cara menyelamatkan bumi, cara menyelamatkan bumi kita, bumi kita, cara penghijauan, cara mencegah global warming, www duniainfo info/cara-selamatkan bumi kita dari kerusakan htm, tips selamatkan bumi, selamatkan bumi, cara membantu bumi kkita dari global warming Tags: , , , ,

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 PENGHIJAUAN and Powered by Blogger.