Rabu, 14 Desember 2011

Penghijauan

Pohon di Pinggir Jalan

OPINI | 17 October 2010 | 11:28 569 9 3 dari 3 Kompasianer menilai Bermanfaat

//taufikurahman.wordpress.com)
Pohon di Pinggir Jalan (http://taufikurahman.wordpress.com)
Fungsi Pohon
Penghijauan saat ini sangat dibutuhkan, terutama untuk kota-kota yang berkembang, sebab sudah banyak lahan yang digunakan untuk bangunan dan jalan. Penghijauan untuk suatu kota yang padat penduduknya akan sangat menolong orang disekitarnya meneduhkan jalan-jalan, maupun mengurangi pantulan jalan cahaya dari bangunan disekitarnya dan penyaring debu polusi udara yang dikeluarkan dari kendaraan-kendaraan, dan kebisingan yang ditimbulkan dari suara kendaraan dan suhu-suhu dari bangunan bertingkat yang banyak menggunakan kaca yang menyebabkan kenaikan susu di lingkungan sekitar.
Menurut Ir Sobirin, dewan Pakar DPKLTS (Dewan Pemerhati Kehutanan dan lingkungan Tatar Sunda), Pohon adalah makhluk hidup yang tidak bisa berjalan tetapi memberikan peran yang signifikan bagi mahluk yang berjalan, beberapa fungsi pohon di atas tanah diantaranya adalah:
  1. Menghasilkan oksigen 1,2 kg/pohon/hari
  2. Membuat teduh/ sejuk, menyerap panas 8x lebih banyak
  3. Menjaga kelembaban, menguapkan ¾ air hujan ke atmosfir
  4. Menyerap debu
  5. Mengundang burung
  6. .Membuat keindahan
Sementara itu fungsi pohon di bawah tanah diantaranya adalah:
  1. Menyerapkan air ke tanah
  2. Mengikat butir-butir tanah
  3. Mengikat air di pori tanah dengan kapilaritas dan tegakan permukaan
Sesungguhnya usaha penghijauan kota sudah dilakukan sejak jaman penjajahan Belanda. Sampai saat ini tanaman-tanaman yang ditanam pada zaman tersebut masih banyak ditemukan, misalnya sederet pohon kenari dan pohon Mahoni Trembesi atau Kihujan yang indah serta kokoh, masih terdapat terutama di kota Bandung bagian Utara. Apabila kita amati, maka sebagian besar tanaman tersebut termasuk jenis tanaman yang tidak selalu tumbuh dengan cepat namun mempunyai umur yang panjang dan batang yang kokoh.
Sebagai contohnya seperti kita ketahui bahwa letak geografis kota Bandung merupakan dasar dari cekungan yang dikelilingi oleh gunung-gunung semakin mengikat banyak dibutuhkan air, udara bersih dan akibatnya semakin banyak udara kotor yang dikeluarkan bila payung udara kotor ini dibiarkan akan sangat buruk berpengaruhnya kepada kehidupan cekungan Bandung. Satu-satunya cara adalah penghijauan serta perencanaan kota yang baik.
Tanaman yang dipergunakan untuk pohon peneduh jalan, selain harus memenuhi persyaratan sebagai pohon pelindung jalan, juga harus mempunyai bentuk yang praktis dan indah. Dalam memilih pohon untuk pelindung jalan juga harus diperhatikan antara lain :
  • Pohon tidak mempunyai akar yang besar dan cepat tumbuh, agar supaya tidak merusak konstruksi jalan .
  • Mempunyai akar yang (paling tidak) dapat bertahan terhadap keruksakan yang disebabkan oleh getaran lalulintas, berarti mudah hidup dengan subur dalam keadaan yang kurang baik.
  • Pohon yang mempunyai percabangan dan ranting yang kuat dan tidak mudah tumbang.
  • Tidak mempunyai buah yang terlampau besar, sehingga membahayakan pemakai jalan.
  • Apabila memungkinkan, sebaiknya dipilih tanaman yang mendatangkan keuntungan.
Penempatan pohon untuk peneduh jalan.
Selain memperhatikan sifat-sifat serta fungsi dari pohon peneduh, juga perlu diperhatikan dalam menempatkan pohon di tepi jalan antara lain:
  • Lebar jalan dan berm (pembatas jalan biasanya berwarna hitam putih), serta kecepatan minimum dari kendaraan yang lewat.
  • Memperhatikan intalasi-intalasi yang ada baik diatas maupun dibawah berm maksudnya agar perakaran dari pohon tadak terlalu mengganggu intalasi tersebut.
  • Jarak penanaman agar tercapai pertumbuhan sempurna dari pohon pelindungnya.
  • Arah cahaya matahari, pertimbangan ini dimaksudkan agar supaya rumah penduduk yang berada ditepi jalan tetap mendapatkan cahaya matahari yang cukup.
Jika ditempatkan dengan baik pohon, pohon yang sudah ditata akan memberikan estetika lahan yang baik pula.
Kegiatan penghijauan di kota sangat memberikan hal yang positif bagi warga sekitarnya beberapa fungsi penghijauan suatu kota antara lain sebagai berikut:
  • Sebagai paru-paru kota
  • Untuk menurunkan suhu udara
  • Meresap air hujan, menjamin persediaan air tanah
  • Mencegah terjadinya erosi
  • Perlindungan terhadap angin, debu, sinar matahari, bunyi dan lain-lain.
  • Menjamin keseimbangan alami.
  • Memenuhi kebutuhan hidup manusia antara lain: buah-buahan, sayur-sayuran.
  • Untuk keindahan kota.
Suksesnya penghijauan dalam kota tidak terlepas dari semua elemen masyarakat, karena masalah lingkungan membutuhkan sinergi semua pihak. Barangkali sejuknya kota dan nyamannya menjadi pejalan kaki atau pengendara akan kita rasakan bila kota hijau tertata dengan baik. Dengan sendirinya lingkungan akan memberikan sebuah timbal balik positif dalam menyediakan kenyamanan bagi kehidupan itu sendiri. (Iden Wildensyah)http://green.kompasiana.com/penghijauan/2010/10/17/pohon-di-pinggir-jalan/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 PENGHIJAUAN and Powered by Blogger.