Mikroba adalah jazad Renik yang bisa berada di mana-mana, bisa di dalam tanah, di tumpukan sampah dan bisa di dalam tubuh kita.
Menurut Mr. Hiromi Shinya dalam bukunya yang  berjudul : MUKZIZATMIKROBA, ada dua macam mikroba di dalam tubuh kita tepatnya di dalam usus kita, yaitu : Mikroba yang berbahaya dan Mikroba yang menguntungkan.
Celakanya, …….. jika kita meminum obat-obatan dalam upaya menyembuhkan suatu penyakit dengan metode pengobatan modern, maka tidak hanya mikroba yang berbahaya saja yang mati tetapi juga mikroba yang menguntungkan juga ikut mati. Dengan demikian kondisi usus kita akan rawan rusak. Padahal, tugas dari mikroba yang menguntungkan ini sangat banyak untuk menjaga agar kondisi usus tetap kondusif. Untuk itu kita harus mengatur pola makan dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik agar dapat memacu pertumbuhan mikroba positif, sehingga kesehatan tubuh kita tetap terjaga.
Untuk mencapai agar kondisi usus kita tetap kondisif, ada sebuah metode yang diberi nama “Metode Biozim Shinya” yang antara lain adalah sbb :
  • 85% makanan nabati + 15% makanan hewani.
  • Puasa kecil, karena puasa dapat meremajakan tubuh.
  • Mengutamakan makanan mentah (sayuran dan buah-buahan tak dimasak) sebab masih mengandung banyak enzim.
  • Tidak mengonsumsi susu sapi dan produk susu, sebab susu sapi bisa menurunkan kemampuan reproduksi pria dan wanita dan menyebabkan osteoporosis.
  • Minum air dalam jumlah cukup.
  • Makan makanan terfermentasi sebab mudah dicerna dan membantu pembiakan bakteri bermanfaat.
Dengan metode ini, maka akan mendorong agar sel-sel tubuh menjadi aktif sehingga dapat meremajakan dirinya sendiri serta mengeluarkan sampah tubuh. Dengan demikian kondisi tubuh kita akan tetap bugar, energik, itdak stres,  jauh dari penyakit dan insya Allah panjang umur.

JANGAN REMEHKAN CUCI TANGAN

Cuci tangan merupakan hal yang biasa kita lakukan setiap hari. Tetapi, bagaimanakah mencuci tangan yang benar-benar sesuai dengan tujuan, yakni agar tangan kita tidak hanya sekedar bersih, tetapi juga terbebas dari kuman dan bakteri.
Perlu kiranya kita sadari, bahwa tangan kita adalah organ yang melayani hampir seluruh aktivitas sehari-hari, mulai dari : makan, minum, menggosok mata, mengorek kuping dlsb. Bayangkan kalau tangan kita dalam kondisi tidak steril kemudian kita menggosok mata, dapat dipastikan bahwa kuman/bakteri yang menempel di tangan kita akan mencemari organ mata sehingga bisa saja terjadi infeksi yang dapat berakibat fatal. Continue reading 

HASIL DIAGNOSA

Apabila kita menderita suatu penyakit dan memeriksakan diri ke Dokter, maka bisa terjadi bahwa yang terdeteksi sesuai hasil diagnosa bukan penyakit yang sesungguhnya melainkan efek samping dari penyakit tersebut. Oleh karena itu, apabila kita telah selesai melampau proses penyembuhan tahap awal (meminum sampai habis obat yang telah diberikan oleh dokter) namun  belum ada perubahan yang signifikan, maka kita perlu curiga adanya penyakit lain diluar hasil diagnosa yang telah diberikan oleh Dokter, sehingga perlu segera memeriksakan diri secara lebih detail ke sebuah laboratorium. Continue reading

Manfaat Bawang Putih

Bawang Putih
Sejak jaman dulu, Bawang Putih sudah menjadi andalan dalampengobatan tradisionil terutama di lingkungan kerajaan, baik di daratanEropa maupun di  kawasan Timur seperti Cina, Thailand dan Jepang.
Ada 3 (tiga) unsur  utama dalam Bawang Putih, yang masing-masing mempunyai kandungan-kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.
 Ke tiga kandungan unsur utama tersebut antara lain adalah ;
  1. ALLICIN
  2. VITAMINE dan
  3. NUTRIENT
ad 1. ALLICIN
Dalam unsur ini terkandung zat-zat yang antara lain mempunyai sifat-sifat ;
  • Anti Biotik
  • Anti lebih dari 20 jenis jamur
  • Ekspektoran
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kolesterol

Setiap berbicara masalah kesehatan, kita pasti ingat yang namanya“Kolesterol”, suatu kandungan lemak dalam makanan yang selalu dikaitkan sebagai penyebab datangnya suatu penyakit.
Lalu, …… apa sih sebenarnya kolesterol itu? Apa fungsinya bagi kesehatan, dari mana asalnya dan bagaimana mengendalikan kolesterol agar tidak menjadi penyebab sakit.
Untuk mendapatkan jawaban atas berbagai pertanyaan diatas, maka …… marilah kita bersama-sama untuk menelusuri, memahami dan setidaknya menemukan jawaban yang memadai. Sebab sebelum tulisan ini selesai, saya sendiri juga belum sepenuhnya paham apa itu kolesterol.

SAKIT, SEBAB dan PENGOBATANYA

  • Jenis Sakit.
Sakit pada dasarnya ada 2 (dua) kategori, yaitu “sakit fisik” dan “sakit kejiwaan”.
Sakit fisik adalah suatu kondisi di mana seseorang merasa adanya gangguan terhadap anggota/bagian tubuhnya sehingga tidak dapat berfungsi secara normal (sebagaimana seharusnya).  Sementara itu, sakit kejiwaan adalah suatu kondisi di mana seseorang merasa adanya gangguan terhadap kejiwaannya, sehingga tidak dapat mengontrol emosi, sikap serta perilakunya sesuai dengan norma serta etika yang berlaku di lingkungan dimana ia tinggal.
  • Penyebab sakit.
Banyak hal yang menyebabkan seseorang menjadi sakit, dan khusus untuk sakit fisik penyebab yang dominan antara lain disebabkan :
  1. Oleh karena konsumsi makanan
  2. Oleh karena serangan virus dan bakteri
  3. Oleh karena kecelakaan/tindak kekerasan
  4. Oleh akibat perang/bencana alam.
Oleh sebab itu, agar kita terhindar dari menderita sakit, perlu adanya kesadaran untuk selalu berusaha memelihara kesehatan dan melakukan tindakan pencegahan. Ingat!!!…, “mencegah itu lebih baik daripada mengobati”.

Sekapur Sirih

Sesuai data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), bahwa dari seluruh jumlah penduduk dunia 10% diantaranya adalah mereka yang dalam kondisi sehat, 10 % lainnya dalam kondisi sakit dan  80 % sisanya adalah mereka yang mengaku sehat tetapi  mempunyai problem kesehatan (lihat Grafik).
Memang hal biasa jika seseorang baru merasa sakit bila ia sudah masuk rumah sakit dan dirawat inap disana. Sementara itu, banyak orang yang sebenarnya mempunyai problem kesehatan yang serius, tetapi karena berbagai faktor maka ia merasa sehat karena masih bisa melakukan berbagai aktifitas, baik bekerja maupun kegiatan lainnya.
Namun demikian, saat ini kesadaran masyarakat tentang kesehatan sudah mulai tumbuh dan berkembang seiring dengan berkembangnya ilmu kedokteranmaupun sarana kesehatan (peralatan serta metode yang digunakan), sehingga kita merasa perlu untuk berbagi pengalaman tentang berbagai problem kesehatan kepada siapapun. Untuk itulah blog ini kami sediakan dengan harapan dapat menjadi sarana komunikasi serta tempat berdiskusi.
Pada dasarnya penyakit yang diderita oleh seseorang dapat disebabkan olehberbagai faktor, begitu juga penyembuhannya juga bisa melalui berbagai caraantara lain bisa dengan : cara medis, cara tradisional maupun metode penyembuhan alternatif. Oleh sebab itu dengan berbagai alasan,  kita dapat menentukan pilihan berdasarkan keluhan yang kita alamihasil diagnosa dari para ahli kesehatan, biaya yang dapat kita sediakan serta pengalaman penyembuhan dari rekan, sahabat, saudara serta siapapun yang mempunyai pengalaman tentang proses penyembuhan suatu penyakit. Disisi lain, dengan sering berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang masalah kesehatan, kita melakukan langkah preventif guna mencegah timbulnya suatu penyakit.
Semoga segala sesuatu yang ditulis di blog ini bermanfaat bagi kita semua.