Rabu, 14 Desember 2011

Masyarakat, Rajin-rajinlah Menanam Pohon

CAKUNG (Pos Kota) – Mensukseskan penanaman satu miliar pohon yang menjadi tema gerakan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional (HMPI-BMN) 2011, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Husein Murad, mengajak masyarakat setempat rajin-rajin menanam pohon. Langkah ini selain untuk menjaga kelestarian lingkungan juga dapat mencegah kekeringan dan banjir.
“Bila setiap penduduk Jakarta Timur menanam satu bibit pohon saja, maka akan ada 2,6 juta pohon baru dan kalau hal ini dilakukan setiap hari, maka wilayah Jakarta Timur akan menjadi hijau dan asri,” kata Husein, saat melakukan penanaman pohon langka jenis Buni, di halaman Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (2/12).
Husein mengakui, pembangunan di kota Jakarta yang begitu pesat harus diimbangi dengan upaya pelestarian lingkungan. Banjir yang kerap terjadi, antara lain disebabkan oleh semakin sedikitnya kawasan resapan air yang ada. Untuk itu,  dia berharap, penanaman pohon yang saat ini sedang digalakkan pemerintah, dapat membantu tanah untuk meresap air hujan sehingga mencegah banjir.
“Persoalan lingkungan ini bukan hanya menjadi masalah bagi masyarakat di Kota Jakarta, tapi juga seluruh dunia. Penyelamatan lingkungan harus dilakukan sedini mungkin, sebagai warisan bagi anak dan cucu kita kelak,” ujarnya.
Kepala Sudin Pertanian dan Kehutanan Jaktim, Bambang Wisanggeni, mengatakan, kegiatan penanaman pohon di lingkungan Kantor Walikota Jaktim ini merupakan rangkaian dari Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh setiap tanggal 28 November dan Bulan Menanam Pohon Nasional yang jatuh selama bulan Desember.
“Gerakan ini diharapkan dapat diikuti seluruh masyarakat Jakarta Timur dengan melakukan penanaman pohon di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” ujarnya.
Upaya lain mendorong masyarakat untuk mencintai lingkungan dan mendukung kegiatan penanaman pohon, pihaknya sendiri telah menggelar berbagai kegiatan, salah satunya pengenalan hutan kota dan lingkungan bagi siswa dan Pramuka Saka Wanabakti pada tanggal 28-30 November 2011 lalu di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat. (yulian/dms)http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/12/02/masyarakat-rajin-rajinlah-menanam-pohon

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 PENGHIJAUAN and Powered by Blogger.